Senin, 15 April 2013

Cara Memilih Merpati Balap


Ciri Merpati Balap Unggulan | Memilih Burung Dara Balap Yang Berkualitas - Salam kicau mania! Setelah membuat tulisan tentang Cara Merawat dan Melatih Merpati Balap , untuk kali ini Arena Burung  ingin membahas tentang cara memilih burung merpati atau burung dara untuk balapan. Bermula dari request dari bang Farid Ledi yang bertanya tentang cara memilih burung dara balap yang unggul, Arena Burung tertarik untuk sedikit memberikan tips yang mungkin berguna bagi kita semua. Kami mencari tips atau cara memilih merpati balap dari bang Sigit yang telah lama menggeluti dunia perdaraan. Selain itu juga informasi kami himpun dari beberapa sumber. Langsung aja om kelamaan basa-basinya... hehehe


Ciri Merpati Balap Unggulan
  • Kepala - Bentuk kepala merpati balap yang bagus yaitu besar dengan batok kepala depan lebih tinggi dari batok kepala belakang (nonong). Dengan demikian asumsi kita bahwa kepala besar berari memiliki volume otak juga besar sehingga juga memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. Selain itu juga pilih burung yang mempunyai derajat kemiringan antara pangkal hidung dengan atas batok kepala sebesar 45-60 derajat. Biasanya burung dengan bentuk kepala spt ini lebih cerdas (mengingat untuk merpati tinggian sangat diperlukan feeling yang mempunyai tingkat kecerdasan tinggi)
  • Paruh - Pilih merpati yang memiliki paruh meruncing, tidak terlalu besar dan tidak terlalu panjang. Dan juga pilih yang memiliki jarak antara ujung hidung sampai ujung paruh yang berjarak sedikit lebih pendek dari jarak pangkal hidung sampai batok kepala depan teratas.
  • Mata - Untuk bagian mata, pilih yang memiliki pupil berwarna hitam dan pilih juga yang mempunyai cincin lingkar menempel pada bijih mata (biasanya berwarna hijau) 1/4 keliling bijih mata menggantung di depan bawah. Sedangkan untuk warna mata, pilih yang mempunyai dua warna mata, biasanya perpaduan antara kuning tua dg kuning muda, merah tua dg hijau tua, atau merah muda dg putih.
  • Hidung - Pilih yang memiliki hidung kecil dan menggembung, namun tidak seperti merpati pos serta mempunyai warna kapur pekat dan pangkal hidung bagian bawah menjorok kebelakang
  • Leher - Pilih yang kokoh dan sedikit lebih pendek dari tulang dadanya. Memiliki tulang leher yang kuat, tegak dan lurus ke atas namun lentur atau tidak kaku (fleksibel)
  • Sayap - Nah ini yang terpenting. Pilih merpati balap yang memiliki sayap kuat dan lentur/jangan kaku, sementara bentuk bisa bervariasi, ada yg tebal bulat, pendek berotot. Ada juga yg berbentuk pipih, lebar berotot. Pilih juga yang memiliki sayap mengembang ketika dipegang dengan kedua tangan. Selanjutnya adalah bulu sayap yang tebal, kencang, tidak bergelombang. pilih juga yang lebar (landung) rapat jarak satu bulu dg yg lainnya. ujung bulu meruncing.
  • Bentuk Dada - Pilih yang berbentuk huruf “V” ketika dilihat dari depan. Pilih tulang dada yg mempunyai panjang sedikit lebih panjang dari telunjuk org dewasa, atau paling tidak sama panjang. 
  • Sapit Urang - Beberapa orang berpendapat bahwa bentuk sapit urang tidak begitu berpengaruh, namun ada juga yang mengatakan bahwa bentuk sapit urang yang bagus adalah tidak terlalu sempit dan tidak terlalu lebar, idealnya adalah sekita 1 cm. Karena jika terlalu sempit kemampan menukik sangat pelan dan jika terlalu lebar maka si burung menukik dengan goyang atau “megal-megol”.


Related Post:

Widget by [ Iptek-4u ]

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Iptek-4u - Premium Blogger Themes | JCPenney Coupons