Kamis, 24 April 2014

Cara Mengatasi dan Mengobati cucak jenggot yang mencabuti bulu akibat over birahi

Burung cucak jenggot yang mengalami over birahi, terutama dalam kondisi berat, sering mengalami aneka gejala yang merugikan. Mulai dari ogah bunyi, nakal, atau sering menyakiti diri sendiri dengan mencabuti bulu-bulunya, terutama bulu ekor. Akibatnya, ekornya menjadi bondol. Bagaimana mengatasi masalah ini, sehingga cucak jenggot bisa kembali normal dan bulu-bulunya bisa segera tumbuh lagi?
Bagaimana mengatasi burung cucak jenggot yang over birahi parah

Waspadai over birahi pada burung cucak jenggot.

Bagaimana mengatasi burung cucak jenggot yang over birahi parah

Untuk mengatasi cucak jenggot yang mencabuti bulu akibat over birahi, tentu diperlukan tahap-tahap tertentu, sehingga tak boleh berharap langsung cepat membuahkan hasil. Butuh waktu, ketelatenan, dan kesabaran tersendiri.

Berikut ini lima tahap yang harus dilalui agar hasilnya maksimal:
1. Menyendirikan burung bermasalah

Salah satu faktor yang dapat mendukung proses penyembuhan adalah menyendirikan cucak jenggot yang mengalami masalah. Pisahkan dia dari burung sejenis maupun jenis burung lainnya yang bisa membuatnya teru- menerus mengalami over birahi.

Dengan menyendirikan burung, maka proses penyembuhannya akan berlangsung lebih cepat atau lebih efektif.

2. Untuk sementara, meniadakan voer

Untuk sementara waktu, selama dalam masa penyembuhan, burung cucak jenggot yang bermasalah tidak perlu diberi makanan kering (voer). Sebagai gantinya, berikan buah-buahan terutama pisang.

Dengan demikian, selama 1-2 minggu masa perawatan, pisang menjadi pakan utama bagi cucak jenggot yang bermasalah.

3. Jangan berikan extra fooding

Selain meniadakan voer, dalam masa penyembuhan burung juga jangan diberi extra fooding (EF) seperti jangkrik, ulat hongkong, dan sebagainya. HIlangkan menu EF untuk sementara, atau selama masa terapi.

4. Mandi dua hari sekali

Pemberian mandi bisa dilakukan dua hari sekali.

5. Berikan multivitamin

Jangan lupa, selama masa perawatan, kondisi cucak jenggot akan mengedrop. Hal ini terutama akibat tak ada lagi pasokan EF.

Untuk menjaga agar burung tetap fit, berikan multivitamin seperti BirdVit. Dengan begitu, kondisi burung relatif tetap terjaga, meski dalam kondisi ngedrop.

5. Pantau perkembangan selama 1-2 minggu

Sambil melakukan perawatan, Anda bisa memantau perkembangannya setiap hari selama 1-2 minggu. Syukur-syukur cucak jenggot bisa kembali pulih kurang dari 2 minggu.

Karena terapi di atas akan membuat kondisi cucak jenggot drop, maka burung akan berhenti melakukan aktivitas menyakiti dirinya sendiri seperti mencabuti bulu-bulunya.

Ketika burung sudah berhenti mencabuti bulunya, maka akan muncul bulu-bulu baru di bagian tubuhnya yang mengalami kebotakkan, termasuk ekor.

Dan jika hal itu terjadi, maka burung bisa kembali menjalani perawatan hariannya dengan pemberian mandi yang lebih teratur agar bulu-bulu mereka kembali tumbuh dengan sempurna dan rapih, sehingga setelah itu burung pun bisa kembali beraktivitas seperti biasa, misalnya dilombakan.

Setelah burung tidak lagi mencabuti bulunya, maka perawatan harian bisa dikembalikan seperti sebelum over birahi.

Itulah tips singkat mengenai cara mengatasi burung cucak jenggot yang mencabuti bulu akibat over birahi parah.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

Sumber : http://omkicau.com/

Related Post:

Widget by [ Iptek-4u ]

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Iptek-4u - Premium Blogger Themes | JCPenney Coupons